Jumat, 13 Maret 2009

PROGRAM DOKTOR ILMU MANAJEMEN
UNIVERSITAS PASUNDAN
ANGKATAN III
TUGAS MATA KULIAH
METODE KUANTITATIF
Dosen : Prof.DR.H.Iman Sudirman., DEA

Disusun Oleh :
1). Fajar Laksana
2).Tanto Srisuhodo
3).Sulistijono
4).H.Oyon Saryono
5).Maman Abdurahman


KASUS :

Masalah PTS di Jabar pada tahun 1995, PTS di Jabar berjumlah 120 PTS, tahun 2008 jumlah PTS meningkat sampai diatas 490 PTS dilain pihak beberapa Perguruan Tinggi Negri (PTN) meningkatkan daya tampungnya, dengan demikian maka terjadi peningkatan daya tampung PTN dan PTS secara signifikan. Peningkatan ini tidak seimbang dengan jumlah SMA, lebih lagi pemerintah saat ini mengambil kebijakan menghentikan pertumbuhan SMA tapi meningkatkan pertumbuhan SMK, kondidi ini mengakibatkan terjadi persaingan yang ketat antara PTS maupun dengan PTN, hampir semua PTS di Jabar mengalami penurunan peminat calon mahasiswa sebagai contoh : pada Tahun 2001 jumlah peminat ke Unpas melebihi 9000 calon mahasiswa tapi tahun 2007/2008 jumlah peminat calon mahasiswa hanya 3000.
Kelompok saudara di tugaskan untuk mengembangkan ide-ide alternative solusi dengan menggunakan NGT/FBD dalam usaha meningkatkan peminat ke PTS saudara.

Dijawab :
Penyelesaian kasus dengan menggunakan teknik NGT (Nomine Group Technique)

1). Mendefinisikan masalah
Terjadi penurunan jumlah mahasiswa ke PTS yang signifikan karena :
a). Meningkatnya jumlah PTS di Jawa Barat sampai 400%
b). Perguruan Tinggi Negri (PTN) meningkatkan daya tampung penerimaan mahasiswa
c). Pemerintah mengambil kebijakan meningkatkan pertumbuhan SMK menekan dan pertumbuhan SMA.
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut terjadi kompetsisi PTS dan PTN yang cukup kertat, sehingga harus dicari solusi terbaik agar PTS tidak mengalami penurunan jumlah mahasiswa, yaitu dengan mengembangkan ide-ide alternatif solusi

2). Mengundang para Pakar Perguruaan tinggi yang terdiri dari 5 pakar yaitu :
1). Fajar Laksana
2).Tanto Srisuhodo
3).Sulistijono
4).H.Oyon Saryono
5).Maman Abdurahman
Lima pakar tersebut diinformkasikan tentang permasalahan yang dihadapi oleh PTS tentang terjadinya penurunan jumlah mahasiswa, dan diminta masing-masing pakar tersebut untuk mengembangkan ide-ide pemecahan solusi

3). Para Pakar mengembangkan ide-ide pemecahan solusi sebagai berikut

Variabel alternatif Solusi
A.Kualitas Pelayanan
1.Ada keunggulan Program Studi
2.Ada asrama Mahasiswa
3.Bilingual (2 Bahasa)
4.Kelulusan cepat dan tepat waktu
5.Akreditasi
6.Program Beasiswa, dengan Perusahaan

B.Price
1.Membayar paket kuliah dapat potongan
2.Tidak ada DSP
3.Uang kuliah lebih murah dari PTN dan PTS lainnya
4.Uang pertama masuk sangat ringan
5.Jalur Khusus tanpa uang pendaftaran, tanpa DSP, tanpa Testing

C.Promotion
1.Cetak brosur, poster, spanduk bagikan ke SMA dan SMK
2.Kerjasama kegiatan dengan Osis SMA
3.Presentasi mendatangi ke SMA dan SMK
4.Kerjasama dengan Guru SMA, dapat fee marketing
5.Website, kirim surat ke siswa SMA/SMK

D.Place
1.Buka kelas di daerah,
2.Kerjasama buka kelas dgn perusahaan, atau pemda
3.Kerjasama dgn Dinas P&K, dan Tokoh di daerah
4.Kerjasama dgn Kepala Sekolah SMA di daerah
5.Membuat agen promosi di daerah
6.Kerjasama dgn Alumni dan Mahasiswa yg sedang kuliah

EFinancing
1.Mencari sumber dana baru
2.Proposal Bantuan ke Pemerintah dan Swasta
3.Buat diversifikasi Usaha, yg profit oriented, Konsultan
4.Kembangkan Produk Diklat, untuk Perusahaan Swasta
5.Berdayakan LPPM, untuk mencari dana
6.Efisiensi biaya operasional lembaga

F.SDM
1.Cari dosen yang bisa memasarkan PTS, (Dosen merangkap guru SMA)
2.Restrukturisasi
3.Lebih ramping
4.Semua SDM jadi agen promosi
5.Perbanyak dosen LB

G). PILIH RANGKING 1 DAN 2, SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI YANG DIPILIH

A.Kualitas Pelayanan
3).Kelulusan cepat dan tepat waktu 4).Akreditasi

21/rk 2
23/rk 1

B.Price
2).Tidak ada DSP
3).Uang kuliah lebih murah
4).Uang pertama masuk sangat ringan
5).Jalur Khusus tanpa uang pendaftaran, tanpa DSP
19/rk 2
23/rk 1
23/rk 1
23/rk 1

C.Promotion
1).Cetak brosur, poster, spanduk
3).Presentasi ke SMA dan SMK 4).Kerjasama dengan Guru SMA, dapat fee marketing
5).Website, kirim surat ke siswa SMA/SMK

21/rk 2
23/rk 1
23/rk 1
21/rk 2

D.Place
1).Buka kelas di daerah
5).Kerjasama dgn Alumni dan Mahasiswa yg sedang kuliah

32/rk 1
23/rk 2

E.Financing (Mencari sumber dana baru)
3).Kembangkan Produk Diklat
5).Efisiensi biaya operasional

22/rk 2
24/rk 1

G.SDM
1).Cari dosen sebagi pemasar
2).Restrukturisasi

20/ rk 2
22/rk 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar